Uang Kertas Kuno Australia Termahal Laku 3,5 M

 

airkobokan.com– Uang kertas Kuno tertua Australia Termahal berusia 197 tahun laku terjual 334 ribu dollar Australia atau sekitar Rp 3,5 M. Alat tukar itu mencetak rekor baru pada lelang di perpustakaan negara di Sydney.

Uang Kertas Kuno Australia Termahal Laku 3,5 M

Uang Kertas Kuno Australia Termahal

Pada waktu diterbitkan pertama kali pada 8 April 1817 oleh Bank of New South Wales (NSW), Australia, hanya ada sekitar 100 lembar uang kertas senilai 10-shilling. Berdasarkan catatan, uang kertas langka dari bank itu ditemukan dari koleksi pribadi di Skotlandia pada 9 tahun lalu. Dan, saat dilelang pertama kali pada 2005, uang kertas ini laku terjual 283 ribu dollar Australia atau sekitar Rp 3 miliar.

Jim Noble, dari rumah lelang Sydney Noble Numismatics mengatakan, catatan bank berupa uang kertas senilai 10 shiling itu merupakan barang berharga bagi sejarah Australia.

“Uang kertas itu selalu mencetak rekor sejarah, setiap kali muncul di acara lelang,” kata Jim Noble,

Jim Noble kembali menjelaskan, setelah uang kertas itu laku terjual hampir 300 ribu dollar Australia (Rp 3 miliar) pada 2005, dan saat ini terjual 334 ribu dollar Australia (Rp 3,5 miliar). Maka menurutnya, hal ini menunjukkan harga uang kertas tertua Australia masih sangat bersaing di pasaran.

Baca juga :  Pertama Kalinya Pesawat Komersil Tabrak Drone

Dia menambahkan, bila lelang ini dilakukan saat perekonomian lebih leluasa. Maka dimungkinkan harganya bisa lebih tinggi. Karena saat ini orang masih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya.

“Itu merupakan benda yang sangat unik dan bukan barang museum atau milik perpustakaan dan juga bukan diterbitkan oleh Bank Westpac, tapi diterbitkan oleh Bank of New South Wales,” ungkapnya.

Dalam sejarah, berdirinya Bank NSW (1817 – 1911) menjadi tonggak sejarah dimulainya dunia perbankan di Australia dan menjadi bank yang pertama kali ada di benua tersebut. Bank ini didirikan atas prakarsa Gubernur Lachlan Macquarie.

Tujuan awal didirikannya bank ini adalah untuk menciptakan sebuah mata uang baru berupa mata uang kertas. Bank ini bisa mengeluarkan mata uang kertas sendiri tanpa memerlukan adanya bank sentral. Nilai mata uang yang dikeluarkan berdasarkan pada tingkat kepercayaan para nasabah. Bank ini hidup dari sistem simpan pinjam dan wesel yang dimiliki.

Baca juga :  Kantor 3D Inovasi Terbaru Dubai

Kemudian dalam tempo yang cepat, keberadaan Bank NSW ini segera menginspirasi keberadaan berbagai bank yang lainnya. Banyak bank swasta yang mulai bermunculan dan mengeluarkan mata uang kertas sendiri. Kehidupan berbagai bank tersebut disandarkan pada aktiva dan pembukuan yang diperoleh dari bank tersebut.

Dan, tingkat kepercayaan nasabah menjadi kunci utama hidup matinya sebuah bank, sehingga pada saat itu tak jarang banyak bank yang tumbuh tetapi banyak pula bank yang mati akibat kepercayaan masyarakat menurun.

Baca Juga :

Uang Kertas Kuno Australia Termahal Laku 3,5 M ini bisa menjad inspirasi bagi anda kolekter benda benda kuno. Siap siap deh Berburu benda kuno

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.