Terowongan terapung bawah laut

Terowongan terapung bawah laut pertama di dunia bakal membantu turis turis menyeberangi tempat tempat wisata macam fyord di norwegia. Fyord adalah semacam teluk yang berasal dari lelehan tumpukan es yang tebal dan berat atau gletser. Sondefjord di norwegia adalah fyord yang terbesar di dunia.

Meskipun baru tahap rencana, namun dipastikan akan segera dilaksanakan, pasalnya sistem terowongan terapung bawah laut ini belum pernah dibangun sebelumnya dan perlu dipelajari lebih mendalam tentang strukturnya.

Hingga kini, jika berpergian ke seluruh bagian fyord harus melibatkan serangkaian kapal feri dan tentunya ini cukup memakan waktu dan merepotkan.

terowongan terapung bawah laut

Terowongan terapung ini berada dikedalaman sekitar 31 meter dari permukaan air dan akan digunakan sebagai 2 jalur lalu lintas. Sebagai mana namanya terwongan terapung, terowongan ini bukan diletakan didasar laut, melainkan akan terapung yang akan ditopang menggunakan sejenis kapal diatas nya agar dapat mengapung di sepanjang permukaannya.

Baca juga :  Uang Kertas Kuno Australia Termahal Laku 3,5 M

Meski sudah ada sejumlah terowongan bawah laut, namun untuk yang satu ini lebih dipilih sebagai terowongan yang mengapung, alasannya karena medan di wilayah ini terlalu dalam dan lebar dengan kedalamannya sekitar satu mil. Maka dari itu salah satu alternatifnya dibangun menggunakan terowongan terapung. Namun desain ini memiliki kekurangan yaitu rentan rusak terhadap cuaca ekstrim.

Norwegia berencana menghabiskan dana 25 miliar US dollar untuk pembuatan terowongan tersebut dan bakal selesai dibangun pada tahun 2035.

Proyek ini membutuhkan perencanaan yang lebih matang lagi karena struktur seperti ini belum pernah dibangun sebelumnya dan belum di uji dampak terhadap angin, gelombang laut dan air arus di fyord yang dapat mempengaruhi struktur tersebut.

Baca juga :  prosesor Intel Core generasi ke-7 Kaby lake

Namun jika terowongan terapung ini terbukti jauh dari aman, maka politisi berhak untuk mengganti proyek lainnya.

Incoming search terms:

  • terowongan mengapung

Leave a Reply