Sunway TaihuLight Super Komputer tercepat buatan China

China membuat terobosan baru dengan keberhasilannya membuat super komputer barunya yang bernama Sunway TaihuLight. Super komputer buatan China ini mempunyai 41ribu prosesor yang masing masing memiliki 260 core. Pengertian Superkomputer sebenarnya adalah kumpulan dari beberapa komputer server yang dijadikan satu, sehingga mampu memproses data hitungan rumit dengan cepat.

Sebelum TaihuLight diciptakan, super komputer pendahulunya yang bernama Tianhe-2 ini mampu memproses dengan kecepatan 33 petaflops, dibandingkan Tianhe-2, super komputer terbaru yang bernama TaihuLight mampu memproses jauh lebih cepat yaitu dapat memproses dengan kecepatan hingga 93 quadriliun kalkulasi per detik / petaflop.

sunway taihulight superkomputer

Jika dibandingkan, super komputer yang terletak di National Supercomputing Center, kota Wuxi memiliki 10,65 juta core. Ini jauh dari superkomputer Titan milik Amerika yang total core nya hanya 560ribu core.

Baca juga :  Hotel Mewah Dengan Sewa Kamar 5,6 juta Semalam

Kelebihan lain super komputer TaihuLight prosesor nya sudah memakai buatan sendiri dari negeri China, chip Custom desing SW26010, dibandingkan super komputer Tianhe-2 yang prosesor nya masih menggunakan buatan Intel asal Amerika ini.

Saat ini boleh dibilang superkomputer terkencang di dunia dimiliki oleh TaihuLight buatan negeri China sekaligus yang memiliki jumlah core terbanyak.

Terdapat setidaknya 167 sistem super komputer di China, sedangkan Amerika menempati urutan kedua dengan 165 sistem dan jepang di urutan ketiga dengan selisih yang cukup jauh, yaitu hanya 29 sistem.

Superkomputer terus dikembangkan dibeberapa negara untuk mendapatkan dukungan teknologi yang dapat membantu pekerjaan pekerjaan rumit, seperti menganalisa cuaca, menyelesaikan perhitungan yang super rumit, sampai digunakan untuk merancang nuklir, baik senjata atau manfaat lainnya.

Baca juga :  10 manfaat lemon bagi kesehatan

Incoming search terms:

  • Fungsi superkomputer sunway taihulight cina

Leave a Reply