Pilihan Cara Menyembunyikan Aplikasi di hp xiaomi

Xiaomi sebagai salah satu vendor smartphone memiliki peranan penting dalam perkembangan teknologi.Xiaomi tidak hanya memproduksi smartphone saja,namun juga banyak peralatan digital juga di produksi,seperti smarwatch,repeater,smart stop kontak dan banyak lainya.

Jika masing masing vendor smartphone memiliki ui sendiri,xiaomi pun juga sama.Bahkan xiaomi memberikan keluasaan yang lebih bagi penggunanya untuk meningkatkan kemampuan dengan banyaknya rom yang dikembangkan diluar rom resmi

Miui merupakan nama UI yang memiliki beragam fitur yang menarik,hingga saat ini perkembanganya telah mencapai versi 9.Pada versi saat ini beberapa fitur ada yang ditambahkan dan ada juga dihilangkan.termasuk juga fitur menyembunyikan applikasi.

Karena alasan khusus,atau pribadi mungkin kita perlu menyembunyikan applikasi pada hp xiaomi anda.Ada beberapa pilihan cara yang bisa digunakan untuk tujuan tersebut

Fitur bawaan MIUI

Jika anda pengguna hp xiaomi,terutama yang masih menggunakan miui 9 kebawah masih bisa dilakukan tanpa menggunakan applikasi tambahan.

Caranya cukup mudah,cukup buka menu setting,pada menu pencarian ketikkan ” invisible app ” .klik app tersebut,lalu lanjutkan pilih appliksi yang ingin disembunyikan.

Namun pada miui 9 dimana ini versi lebih tinggi ,fitur ini telah di hilangkan oleh vendor,karena menyebabkan banyak crash dan kini disarankan menggunakan ruang kedua sebagai penggantinya.

Baca juga :  Cara Copy Resi di Applikasi Shopee

Ruang kedua,ini seperti anda memiliki hp baru.jadi anda bisa memasang applikasi yang tidak akan terlihat di ruang pertama.

Untuk masuk ruang kedua,anda bisa memanfaatkan tombol pola atau finger atau juga melalui menu

Menggunakan tombol pola yang berbeda,memperecepat anda mengakses antara ruang pertama atau ruang kedua.

Nah seperti apa memulai membuat ruang kedua,berikut ini langkah langkahnya

  • Dari ruang pertama,buka menu setting
  • Pilih menu ruang kedua
  • Tunggu proses pembuatan ruang kedua
  • Buat pola sandi,sandi harus di buat berbeda dengan sandi masuk ruang pertama
  • Ruang kedua berhasilĀ  dibuat,anda akan melihat homescreen seperti smartphone baru

Ketika ruang kedua,telah berhasil dibuat lakukan pengaturan notifikasi pada menu kelola.Semua informasi yang ada disana tidak akan terlihat pada ruang pertama,baik applikasi,foto,video atau dokumen lainya.

Fitur ruang kedua ini benar benar membantu anda menjaga data pribadi,terlebih jika hp anda bersifat berbagai pakai dengan keluarga lainya

Namun satu hal yang sangat disayangkan,saat artikel ini ditulis adalah ruang kedua ini bisa dihapus dengan mudah,karena adanya icon bak sampah yang berada di pojok kanan atas

Baca juga :  Cara Bayar Pembelian di Shopee Via Mobile banking

Ini bisa fatal,ketika ruang kedua anda dihapus,maka informasi yang di dalamnya pun juga ikut hilang,meskipun ada notifikasi peringatan tindakan tersebut.Semoga saja vendor ataupun develepor miui juga manambahkan pengaman tambahan agar tidak semua bisa mangakses fitur hapus ruang kedua

Menggunakan applikasi Pihak ketiga

Applikasi laucher

Applikasi ini altenatif dimana sebenarnya memiliki fitur lebih kearah tampilan yang di custom,namun tentunya ada fitur lainya yang dibawa.

Jika anda ingin menyembunyikan applikasi,namun tidak ingin menggunakan fitur ruang kedua,anda bisa memanfaatkan fitur launcher pihak ketiga seperti nova laucher

Anda bisa mengunduhnya di playstore ,dan lakukan setting setelah applikasi terinstall

Applikasi penyembunyi ( Invisible App )

Ada banyak applikasi yang mampu menyembunyikan applikasi yang terinstall,salah contohnya adalah ketikkan pada kolom pencarian google play anda kata kunci ” invisible app ”

Nah itulah pilihan yang bisa anda gunakan untuk menyembunyikan applikasi di xiaomi.Menggunakan applikasi pihak ketiga juga bisa diterapkan pada smartphone vendor lain.selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.