Pertama Kalinya Pesawat Komersil Tabrak Drone

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh, beberapa tahun terakhir pengguna drone meningkat drastis terutama kalangan rumahan. Muncul kekhawatiran dari segi keamanannya, terutama drone yang canggih ini dapat menghalangi jalur udara khusus nya pesawat komersil yang membawa ratusan penumpang. Pada april 2016 lalu kecelakaan terjadi, pesawat komersil tabrak drone.

pesawat komersil tabrak drone

Pilot pesawat melaporkan ada sebuah objek yang diduga drone menabrak pesawatnya saat proses landing atau saat mau mendarat di landasan bandara Heathrow, london. Pesawat komersil ini membawa 132 penumpang dan 5 kru, untung nya pesawat dapat mendarat dengan selamat tanpa ada korban.

Simak

FITUR TERBARU DJI DRONE PHANTOM 4 PRO

KECELAKAAN PESAWAT AIRBUS A320

Tidak dijelaskan detail bagian badan pesawat mana drone tersebut berbenturan oleh pihak British Airways. Insiden ini menjadi yang pertama tabrakan antara pesawat komersil dan drone. Sebelum sebelumnya dilaporkan hanya nyaris berbenturan tetapi tidak sampai tabrakan.

Baca juga :  Bangunan Arsitektur Indah Dunia Jarang Terekspose

Pihak berwajib di inggris telah membuat peraturan untuk tidak menerbangkan drone di dekat bandara. Bagi siapa yang melanggar akan di kenai hukuman 5 tahun kurungan penjara.

Lebih detail pihak berwenang inggris menetapkan peraturan untuk melarang menerbangkan drone lebih dari 400 kaki atau 122 meter atau dekat dengan bangunan.

Sementara Federal Aviation Administration di US mewajibkan pemilik mendaftarkan drone mereka agar mudah dilacak jika terjadi sesuatu untuk dipertanggung jawabkan. Pihak berwenang juga meminta kepada para pemilik drone untuk memasang software aplikasi pembatas geografis untuk mencegah terbang di area terlarang.

Sedangkan di indonesia peraturan mengenai drone tercatat dalam peraturan menteri perhubungan nomor 90 tahun 2015 tentang kendali pengoperasian pesawat udara tanpa awak. Peraturan tersebut mengatur kawasan udara yang tidak boleh dioperasikan drone, seperti dekat bandara dan tidak boleh lebih tinggi dari 150 meter.

Baca juga :  Snapdragon 830 diperkirakan memakai arsitektur Kyro

Setiap drone yang akan diterbangkan di kawasan terbatas harus memiliki izin waktu terbang dan area terbang.

Drone yang digunakan untuk kepentingan pemotretan, film dan pemetaan harus mempunyai surat izin dari institusi berwenang. Bagi yang melanggar peraturan tersebut akan dikenai hukuman pidana tiga tahun kurungan atau denda hingga satu miliar rupiah.

Pertama Kalinya Pesawat Komersil Tabrak Drone menjadikan kekhawatiran yang selama ini menjadi kenyataan

Leave a Reply