Pangeran Anom Sambas Sang Penakluk Pasukan Inggris

Pangeran Anom Sambas Sang Penakluk Pasukan Inggris. Petualangan Panji Anom telah membuat pamor Kerajaan Sambas semakin tersohor. Terjadi persaingan dagang yang berbuntut peperangan. Siak berhasil dipukul mundur.

Pangeran Anom Sambas Sang Penakluk Pasukan Inggris

Pangeran Anom Sambas Sang Penakluk Pasukan Inggris

Tugas berat mengawali masa kepemimpinan Pangeran Anom. Pada 1789, panglima yang gagah berani ini terlibat perang dengan Bajak Laut di perairan Banjarmasin. Penyerangan yang dilakukan Pangeran Anom untuk menuntut balas atas dibunuhnya Datuk Imam Yakub Imam Sambas oleh bajak laut pada masa Kesultanan Raden Jama’ (Sultan Umar Akamaddin II).

Serangan tersebut berhasil memukul mundur bajak laut Banjarmasin hingga melarikan diri ke hulu Sungai Barito. Setelah lama berlayar di Banjarmasin, tahun 1789, Pangeran Anom kembali ke Pulau Lemukutan. Di tempat inilah ia menyerang kapal dagang Inggris yang memiliki persenjataan lebih lengkap. Pangeran Anom berhasil, pasukan Inggris bertekuk lutut.

Baca Juga KH.Muhammad Zaini Abdul Ghani Sekumpul Martapura Dan Karomahnya.

Setelah mengalahkan Inggris, petualangan Pangeran Anom dengan kapal perangnya bernama Keruis dan Fenes kemudian menyusuri Kuala Mempawah dan terjadi kontak senjata dengan pasukan Kerajaan Mempawah. Perjalanan berlanjut dengan menyusuri Sungai Kapuas hendak menyerang Kerajaan Pontianak.

Baca juga :  Derita Sopir Truk Saat Angkut Muatan! Respect

Sesampainya Pangeran Anom dan pasukan di Sungai Kapuas dan Sungai Landak, ternyata bukan pertempuran yang didapat, melainkan sambutan hangat dari pasukan Sultan Pontianak. Kedatangan Pangeran Anom dan pasukannya disambut upacara adat sehingga tercipta perjanjian tidak saling menyerang antara Kesultanan Sambas dengan Kesultanan Pontianak.

Kerajaan Sambas

Ketika Pangeran Anom kembali ke Pulau Lemukutan, Sultan Abu Bakar Tajuddin I meminta supaya Pangeran Anom kembali ke Sambas, karena sudah lima tahun meninggalkan keluarganya di Sambas. Pangeran Anom pulang menggunakan Kapal Keruis melalui Kuala Singkawang, Pemangkat dan masuk ke muara Sungai Sambas Kecil menuju Kesultanan Sambas di Muare Ulakan.

Kedatangan Pangeran Anom di Kesultanan Sambas disambut upacara kebesaran sesuai adat istiadat Sambas. Kerajaan Sambas ketika itu telah banyak perubahan didukung perdagangan yang pesat. Tak berapa lama di Sambas, Desember 1789, Kesultanan Sambas diserang pasukan Siak Sri Inderapura dipimpin Raja Ismail. Penyerangan ini dilakukan Siak karena persaingan perdagangan dan ekonomi di kedua kesultanan. Keduanya berebut kekuasaan di laut serta menguasai wilayah antara Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga :  Alasan rok siswi jepang pendek

Simak Pulau buatan terindah di dubai

Armada Kerajaan Siak bergerak maju di sekitar perairan Sungai Sambas Kecil dan menembakkan meriam ke arah pasukan Kesultanan Sambas. Ketika pasukan Kerajaan Siak akan mengirim prajuritnya, maka pasukan Kerajaan Sambas berenang mendekati Kapal Siak untuk menenggelamkannya diiringi serangan tembakan meriam dari darat.

Pertempuran semakin gencar sehingga banyak korban yang berjatuhan di kedua belah pihak. Pada akhirnya, pasukan Kesultanan Sambas berhasil memukul mundur pasukan Siak dan sebagian kapal-kapalnya ditenggelamkan. Sedangkan yang lainnya meloloskan diri pulang ke negerinya.

Pangeran Anom Sambas Sang Penakluk Pasukan Inggris semoga bisa menjadi inspirasi generasi muda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.