Pajak yang terlalu tinggi kota menjadi sepi

Di negri china terdapat sebuah kota bernama ordos, kota ordos yang juga disebut sebagai kangbashi ini dirancang untuk bisa menampung satu juta penduduk, kota ini terkenal karena keindahan arsitekturnya. Namun sayang nya kota ini menjadi tak berpenghuni karena pajak yang terlalu tinggi.

Tingginya pajak properti menjadi sebuah kendala bagi orang yang ingin tinggal di kangbashi. kota ini menjadi seperti kota hantu, karena sebagian besar bangunan tidak ada penghuni manusianya.

ordos

kangbashi

Ordos / kangbashi terletak di pedalaman mongolia namun tidak masuk dalam peta china. Hal ini membuat pemerintah adminsistrasi kangbashi mengajukan petisi kepada beijing untuk segera meresmikan kota ini dalam peta.

Agar sebuah kota baru dapat diakui secara resmi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa disebut sebuah perkotaan, yaitu populasi penduduk, pertumbuhan domestic produk, dan fasilitas dengan tingkatan tertentu.

Baca juga :  Gua Bawah Tanah yang memukau

Usaha pemerintah setempat berupaya mendatangkan penguni ke ordos dengan memberikan iming iming kompensasi dan apartemen gratis kepada para petani. Selain itu kantor pemerintahan juga ikut dipindah yang berjarak 20 mil dari utara ke ordos agar membuat para pekerja pemerintahan tertarik untuk tinggal di ordos.

Hasilnya, kini ordos diklaim memiliki seratus ribu penghuni, meskipun demikian angka tersebut sulit dibuktikan, muncul beberapa spekulasi bahwa pemerintahan menyembunyikan jumlah asli penghuni ordos.

Hal ini menunjukan masalah yang serius di negeri china, ketika pemerintahan nya berharap adanya ledakan penduduk dua kali lipat pada tahun 2020.

Leave a Reply