Dampak baik buruk minum kopi

Kopi banyak disukai oleh manusia, bahkan tidak sedikit orang yang mengkonsumsinya tiap hari. Kopi mengandung zat aktif berupa kafein, trigoneline, protein dan Asam Amino, karbohidrat, asam alifatik (asam karboksilat), asam klorogenat, lemak dan turunannya, glikosida, mineral, komponen volatile. Salah satu kandungan kopi yang paling dikenal orang adalah kafein. Berikut manfaat kopi dan dampak buruk nya yang harus anda ketahui bagi kehatan.

 

Manfaat kopi bagi kehidupan

Minum Kopi dapat menghambat fungsi sebuah hormon otak (neurotransmiter) yang disebut Adenosine. Dengan menghalangi adenosine, kafein justru meningkatkan aktivitas di otak dan melepaskan neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin. Hal ini akan mengurangi kelelahan dan membuat otak kita lebih aktif khususnya dalam hal konsentrasi.

Selain itu, konsumsi Kopi dapat mencegah otak dari kepikunan, penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang umum dan menjadi penyebab utama pikun (demensia). Dan Parkinson adalah penyakit neurodegenartif yang disebabkan oleh matinya neuron penghasil hormon dopamin dalam otak.
Banyak penelitian yang menyatakan bahwa peminum kopi memiliki resiko 65% lebih kecil mengalami Alzheimer dan kepikunan di usia tua

Baca juga :  Kenali Lebih Dekat Korea Selatan

kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sekaligus melindungi tubuh dari kanker hati dan kanker usus besar serta penyakit Parkinson serta serangan stroke. Kemudian, penelitian yang dilakukan tahun 2004, melaporkan pria dan wanita yang minum kopi secara teratur setiap hari memiliki risiko lebih rendah mengalami diabetes tipe 2. Para peneliti mengungkapkan kemungkinan dari mineral, antioksidan dan phitochemichal dalam kopi mempengaruhi sensitivitas insulin dan atau sekresi insulin.

Dampak buruk minum kopi

Pada beberapa orang, minum kopi dapat menyebabkan rasa gelisah, jantung berdebar hingga serangan panik. Jika anda adalah orang dengan tingkat toleransi rendah terhadap kafein, maka sebaiknya anda tidak meminum kopi untuk menghindari kondisi-kondisi tadi. Jika anda merasa bahwa minum kopi dapat mempengaruhi kualitas tidur anda, sebaiknya hindari minum kopi setelah sore hari. Kopi di pagi hari cocok untuk mereka yang mengalami gangguan tidur akibat kafein, khususnya insomnia.

Baca juga :  Film Romantis Terbaik di Dunia

Konsumsi berlebihan juga dapat memicu munculnya kerutan pada wajah. Hal ini disebabkan akibat dehidrasi. Kafein membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan melalui urin. Tubuh kehilangan sekitar 5 mg kalsium tiap mengonsumsi satu cangkir kopi berukuran sekitar 180 ml. Minum air putih minimal 8 gelas per hari dapat meminimalisir terjadinya dehidrasi dalam tubuh.

Leave a Reply