Cara Membuat Donat Sendiri Yang Enak

Cara Membuat Donat Sendiri Yang Enak

Resep membuat donat sendiri – Cara membuat donat sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan anda bisa bereksperimen sendiri untuk membuat donat yang lebih enak dari pada membeli donat seperti Jco, Dunkin Donuts, dll. Cara membuat donat yang empuk, lembut dan enak, dibutuhkan sedikit usaha dan beberapa kali coba pembuatan untuk mengasah keahlian anda. Namun anda tidak perlu khawatir karena berikut akan diajarkan cara membuat donat sendiri yang enak.

Cara Membuat Donat Sendiri Yang Enak

Perlu diketahui ada beberapa macam cara membuat donat dari segi tingkat kelembutan, pelengkap rasa seperti coklat, strawberry, keju, hingga bentuk donut yang berlubang ditengah nya atau bagian tengahnya rapat dengan isi didalamnya dengan berbagai rasa.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah bahan bahan untuk membuat adonan donat, Agar hasil yang diinginkan bisa terhindar dari donat yang bantat atau keras saat dikunyah dan rasa tidak enak lainnya. Penting diperhatikan proses pembuatan mulai dari bahan bahannya, lama waktu, komposisi, dan keseluruhan adonan donat.

Resep Cara Membuat Donat Sendiri Yang Enak

Bahan :
½ kg tepung terigu
4 Sendok makan gula
3 Sendok makan Mentega
11 gram ragi instan
Air putih 200 cc
3 Sendok makan Susu bubuk full cream
1 Sendok teh garam
2 butir telor
1 Sendok teh baking powder
Minyak goreng secukupnya

Bahan toping:
– 1 coklat batangan
– 2 sendok makan mentega

Cara Membuat Donat Sendiri Yang Enak:

1) Pertama sediakan 2 butir telur untuk dikocok hingga merata, setelah itu campurkan susu bubuk, gula, garam, tepung terigu, baking powder dan mentega, aduk semuanya sekitar 20 menitan atau sampai merata. Aduk adonan sampai kalis, kemudian diamkan sekitar 30 menit agar adonannya mengembang. (kalis adalah adonan yang sudah mencapai tahap lentur dan tidak lengket di tangan).

2) Dengan tempat yang terpisah campurkan ragi kedalam air dan aduk hingga merata, baru setelah itu campurkan ragi yang sudah larut dalam air itu kedalam adonan pertama (telur, susu, gula, dll.) Setelah dicampurkan aduk kembali adonan hingga merata. Setelah itu diamkan kembali selama 15 menit agar adonan mengembang seutuhnya.

Baca juga :  KH.Muhammad Zaini Abdul Ghani Sekumpul Martapura Dan Karomahnya

(Campuran ragi dan air sengaja tidak langsung dicampurkan dengan adonan pertama (telur, susu, dll) untuk menghindari adonan yang tidak mengembang dan kaku.)

3) Setelah di diamkan selama 15 menit, bentuklah adonan menjadi bentuk donat bundar dan terdapat lubang di bagian tengah nya atau bentuk lah sesuai selera anda. Jika masih terasa agak lengket untuk menghilangkannya lapisi adonan yang sudah dibentuk itu dengan tepung terigu agar tidak lengket. Buatlah adonan dengan bentuk donat sesuai selera sampai adonannya habis.

4) Tuangkan minyak ke wajan, panaskan dengan api kecil, setelah minyak cukup panas kemudian goreng adonan donat yang sudah dibentuk tadi sampai warnanya berubah kecoklat coklatan. Goreng adonan tersebut dengan posisi mengambang dari dasar penggorengan, gunakan minyak yang cukup agar adonan tidak menyentuh dasar penggorengan.

5) Setelah matang digoreng, selanjutnya dalam kondisi sudah tidak terlalu panas atau hangat, campurkan bahan toping sesuai selera anda. Dalam penjelasan ini bahan yang sudah disiapkan adalah coklat. Pertama potong / iris coklat batangan tersebut kecil kecil, lalu panaskan ke wajan anti lengket sampai coklat itu mencair.

Baca juga :  Cara Tepat Usir Tikus Dari Rumah Anda

6) Setelah coklat mencair, matikan api kompor, masih dalam keadaan coklat panas, celupkan donat pada bagian salah satu sisinya kedalam coklat cair tersebut. Bisa juga ditambahkan meses setelahnya atau tanpa meses. Kemudian diamkan hingga dingin. Donat siap dihidangkan.

Cara membuat donat rasa strawberry

cara membuat donat strawberry

Cara membuat donat selain coklat dan gula halus, ada juga donat rasa strawberry, donat rasa strawberry tidak hanya menggunakan pemanis buatan tetapi benar benar menggunakan buah strawberry, berikut cara membuat donat dengan rasa strawberry.

Bahan yang diperlukan:

½ cup strawberry
1 sendok teh whipping cream
1 sendok teh selai strawberry
gula bubuk secukupnya

(Strawberry bisa anda dapatkan di pasar atau di supermarket bagian fresh food, biasanya terletak di mesin pendingin, demikian juga whipping cream juga biasanya tersedia di supermarket bagian chiller / mesin pendingin.)

cara membuat donat strawberry

whipping cream semprot

langkah langkah cara membuat donat strawberry

– Terlebih dahulu membuat adonan donat dengan poin 1 sampai 6 yang sudah disebutkan sebelumnya.

– Potong potong strawberry sampai menjadi dadu kecil kecil, campurkan strawberry, whipping cream, dan selai strawberry, aduk hingga rata.

– Tambahkan gula bubuk secukupnya, aduk sampai halus.

– Celupkan donat.

Demikian Cara Membuat Donat Sendiri Yang Enak dengan menggunakan coklat atau strawberry, anda juga bisa menggunakan gula halus sebagai pengganti coklat, karena lebih praktis hanya dengan mengguling gulingkan donat kedalam gula halus.

Related Post

RESEP LIDAH KUCING DENGAN KEJU PARUT

CARA MEMBUAT BROWNIES KUKUS RESEP LENGKAP

RESEP COKLAT PRALINE KARAKTER UNIK IMUT

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.