Cara Membuat Bolu Kukus Yang Lembut dan Enak

Cara Membuat Bolu Kukus Yang Lembut dan Enak

Resep cara membuat bolu kukus – Kue bolu yang paling banyak diminati adalah bolu kukus karena rasanya yang enak dengan tekstur yang lembut. Bolu kukus memiliki bentuk yang bervariasi dengan cetakan yang digunakan tergantung si pembuat nya, namun adonannya kurang lebih tidak beda.

Selain itu diberi bahan pewarna yang memang digunakan khusus untuk makanan, jadi tidak perlu khawatir jika kita memakannya karena tidak berbaya bagi tubuh kita. Karena dengan pewarna memang menjadi lebih menarik dari pada tanpa warna. Berikut ini resep cara membuat bolu kukus yang pastinya menarik khusus bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri.

Cara Membuat Bolu Kukus Yang Lembut dan Enak

Resep Cara Membuat Bolu Kukus

Bahan bahan untuk membuat bolu kukus :

4 butir telur
250 gr tepung terigu
175 gram gula pasir
15 gram emulsifier (Ovalet atau Starkis)
1 sendok teh vanila ekstrak, atau
1/2 sendok teh vanila bubuk
250 ml susu cair (indomilk/ diamond)
1 sendok teh pasta pandan, coklat, atau sesuai selera

Cara Membuat Bolu Kukus Yang Lembut dan Enak

– Pertama untuk membuat adonan bolu kukus campurkan telur, gula pasir, vanila, tepung terigu, susu, dan emulsifier kedalam satu wadah. Lalu aduk adonan tersebut dengan menggunakan mixer, aduk sampai benar benar bercampur menjadi kental dan mengembang.

Baca juga :  7 Manusia Dengan Kemampuan Istimewa

– Setelah adonan mengembang, tentukan jenis dan jumlah warna bolu kukus yang anda inginkan, jika anda ingin membuat bolu kukus dengan satu warna saja seperti coklat, siapkan satu wadah terpisah untuk adonan yang diberi pewarna. Jika ingin membuat bolu kukus menjadi warna warni, siapkan wadah adonan terpisah sesuai jumlah warna yang akan diberi.

– Dalam contoh cara membuat bolu kukus kali ini menggunakan 3 warna, sehingga bagi adonannya menjadi 4 bagian (3 untuk adonan yang diberi pewarna dan satu untuk polosan /tanpa warna)

– Beri pasta / pewarna pada masing masing adonan sesuai selera anda.

– Siapkan cetakan bolu kukus, pada umumnya menggunakan cetakan alumunium berbentuk mangkok kecil kecil dengan lubang lubang dipinggir nya.

cara membuat bolu kukus

cetakan bolu kukus

– Berikan kertas roti di setiap cetakan sebagai alas, tuangkan adonan putih terlebih dahulu baru kemudian adonan yang sudah diberi pewarna, atau tuang adonan secara bergantian sesuai keinginan anda agar terbentuk tekstur warna warni yang indah.

– Setelah semua cetakan terisi adonan, lalu kukus sekitar 20 menitan atau hingga benar benar mengembang.

– Kukus adonan menggunakan dandang dengan air yang cukup dibawahnya dan pastikan air nya masih dibawah saringan dandang sehingga uap airnya pada saat di kukus dapat diserap oleh adonan sehingga bolu kukus nya dapat mengembang dan terasa empuk.

Baca juga :  Transit Elevated Bus, bis unik cina akhirnya diluncurkan

– Setelah matang di kukus, keluarkan bolu kukus dari dandang. Bolu kukus yang empuk dan lembut sudah siap dihidangkan dan siap disantap bersama keluarga anda.

Demikian resep cara membuat bolu kukus sendiri, anda juga dapat bereksperimen dengan menggunakan cetakan yang bervariasi sehingga warna dan bentuk bolu kukus nya terlihat lebih cantik dan menggairahkan untuk dimakan. Usahakan menggunakan cetakan yang terbuat dari alumunium agar saat dikukus adonan mendapatkan hantaran panas yang cukup.

Bagikan Cara Membuat Bolu Kukus Yang Lembut dan Enak persembahan airkobokan.com

Baca juga :

Resep membuat donat sendiri yang enak

RESEP MENU SNACK BOX LEMPER KETAN ISI AYAM

RESEP LIDAH KUCING DENGAN KEJU PARUT

Incoming search terms:

  • bolu kukus mangkok
  • resep cara membuat bolu kukus mangkok
  • resep bolu kukus enak berfariasi
  • pewarna buat bolu
  • cara membuat roti kukus kecil
  • cara membuat bolu yang enak
  • cara membuat bolu kukus mangkok
  • cara bikin bolu mangkok
  • bolu mangkok
  • snack box isi bolu kukus

Leave a Reply