10 manfaat lemon bagi kesehatan

Agar tidak gampang sakit , tubuh kita salah satunya memerlukan vitamin c yang cukup setiap harinya,  mengkonsumsi lemon merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan vitamin c yang berlimpah, banyak sekali manfaat lemon untuk kesehatan bagi tubuh kita.

 

lemon

10 manfaat lemon bagi kesehatan

1) Air lemon akan membantu memperbaiki fungsi hati, sehingga proses pencernaan makanan lebih baik dan lebih sehat. Lemon juga membantu merangsang asam yang diperlukan dalam pencernaan.
2) Dibandingkan minum kopi dipagi hari, minum air lemon jauh lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan kita, karena dapat membuat tubuh lebih berenergi ini disebabkan kandungan vitamin c nya yang berlimpah.
3) Air lemon bersifat diuretik , yang artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan racun bersama dengan urin atau kotoran sisa pencernaan. Asam sitrat juga dapat membantu memaksimalkan enzim yang dihasilkan hati.
4) Lemon mengandung vitamin C dan asam askorbat, yang artinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terkena penyakit.
5) Lemon sering digunakan untuk mengatasi infeksi tenggorokan karena senyawa antibakteri yang dimilikinya.
6) Mengkonsumsi lemon secara rutin juga dapat menurunkan resiko jantung dan stroke, limonoid pada lemon diketahui dapat melawan sel kanker mulut, kulit, paru-paru, payudara, perut, dan usus. Peneliti dari US Agricultural Research Service (ARS) mengatakan bahwa tubuh kita dapat menyerap senyawa limonoid bernama limonin yang jumlahnya hampir sama dengan vitamin C di buah-buahan citrus. Limonin pun mudah dicerna tubuh dan tersedia dalam jangka waktu lebih lama dibandingkan senyawa anti karsinogen alami lainnya.
7) Asam sitrat dalam lemon tak hanya bertugas memberikan rasa asam. Beberapa studi menunjukkan bahwa asam sitrat efektif dalam mencegah pembentukan batu ginjal.
8) Lemon juga mengandung berbagai senyawa fitokimia seperti hesperetin, naringin, naringenin, dan eriocitrin. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas.
9) Sari lemon dapat membantu diet penurunan berat badan. Sekitar 100 g lemon hanya mengandung 29 kalori. Lemon juga kaya serat pangan sehingga baik dikonsumsi Anda yang ingin memangkas berat badan.
10) Masalah jerawat memang sangat menyebalkan bagi banyak orang, namun jangan khawatir dengan air jeruk lemon yang mengandung antiseptik secara alami mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Caranya hanya mengoleskan air jeruk lemon pada bagian wajah yang terdapat jerawat.

Baca juga :  prosesor Intel Core generasi ke-7 Kaby lake

Itulah 10 manfaat lemon yang anda dapat jika mengkonsumsinya, namun perlu anda ketahui juga dampak negatif dari mengkonsumsi lemon.

 

Sifat asam lemon dapat merusak gigi

Dengan menambahkan asam lemon ke air, anda dapat meningkatkan risiko pengikisan lapisan pada email gigi, yang dapat menyebabkan masalah. Padahal, email gigi yang terkikis tidak bisa diganti, agar tidak menimbulkan efek negatif terhadap gigi, gunakanlah sedotan ketika meminumnya.

gigi putih sehat

Leave a Reply